Life is a celebration of infinite possibilities!


Bangkok Dangerous (Asli)

Situasinya genting sekarang. Kelompok Kaos Merah menolak untuk membubarkan diri dari daerah Ratchaprasong yang mereka duduki sejak 3 April 2010 lalu. Ractcharasong adalah distrik bisnis kota Bangkok. Mall-mall terbesar seperti CentralWorld, Gaysorn, Siam Paragon, Siam Discovery, Siam Centre, Siam Square, Pratunam, Fashion Mall, Panthip Plaza, Big C, Amarin dan Erawan berderet di kawasan ini. Di daerah ini juga terdapat sederet hotel berbintang, Grand Hyatt, Four Seasons, Intercontinental, Amari Watergate, Grand Centara, etc. Aksi pendudukan oleh protester Kaos Merah memaksa mall-mall dan hotel-hotel di kawasan ini tutup. Juga terdapat kedutaan besar Amerika Serikat dan Inggris.

Jumat sore (14/5), militer telah menutup daerah Ratchaprasong ini. Tensi politik meningkat drastis dan bentrokan tak terhindarkan setelah May Jen Khattiya Sawasdipol, salah satu komandan lapangan yang memimpin pasukan keamanan Kaos Merah, ditembak oleh snipper saat sedang melakukan wawancara dengan seorang wartawan. Korban mulai berjatuhan. Pihak militer diijinkan untuk menembakkan peluru tajam di area Ratchaprasong, yang dideklarasikan sebagai zona perang. Pemerintah mengumumkan rules of engagement, yakni memperbolehkan pasukan di lapangan untuk membalas serangan dari pihak protester yang mengancam keselamatan jiwa aparat militer. Pemerintah tampaknya tidak mau mengulang kesalahan mereka pada aksi pembubaran demonstran Kaos Merah di sekitar Democracy Monument sebelumnya (10/4), yang berakhir dengan jatuhnya beberapa korban di pihak aparat keamanan setelah diserang oleh granat dan peluru tajam. Pemerintah yakin bahwasanya terdapat sekelompok pasukan khusus yang bersenjata tajam dan dilengkapi dengan peluncur granat di antara para demonstran.

Sepanjang Jumat-Sabtu, korban terus berjatuhan, dilaporkan sudah lebih dari 24 orang tewas dan masih akan terus bertambah karena bentrokan masih terus berlangsung. Aparat keamanan berupaya untuk mengisolasi daerah Ratchaprasong, tetapi para demonstran terus-menerus berupaya meluaskan konflik. Ada upaya mobilisasi pendudung Kaos Merah dari luar wilayah yang diisolasi sehingga menggencet kedudukan aparat keamanan di beberapa lokasi.

Tadi malam, aksi penjarahan mulai terjadi di dalam area isolasi pada sebuah gerai 7Eleven. Aksi ini sangat berpotensi untuk meluas di dalam area isolasi, karena para demonstran mulai mengalami kekurangan pasokan logistik dan makanan.


Pagi ini Bangkok mendung. Awan menggantung tak hendak beranjak, dan suara guntur sayu-sayu terdengar. Pihak demonstran Kaos Merah berupaya untuk meluaskan gerakan mereka ke seluruh Thailand, dan pihak pemerintah berupaya untuk mencegahnya. Zona berbahaya terus meluas meliputi Ratchaprarop (dan daerah depan Kedutaan RI), Bon Kai, daerah Sala Daeng (Silom), Sathorn, Rama4, Phetburi Road, Victory Monument dan Din Daeng.

Sampai dengan minggu lalu, saya masih percaya bahwa konflik di Bangkok ini tidak akan sampai memuncak sampai dengan kerusuhan dalam skala kerusuhan Mei 1998 di Jakarta. Tapi kini saya mulai ragu...

Bangkok, 16 Mei 2010



some photo links:
Tourists in Bangkok Dangerous
Ratchaprarop Area
http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/8684319.stm
http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/8684288.stm?ls
one of many journalist who got shot
photos from nyt



No comments:

Post a Comment